Error E061 IR 5000.ini cara mengatasinya

kerusakan E061 - Bagi seorang teknisi fotocopy menghadapi kerusakan mesin fotocopy adalah makanan sehari hari, termasuk kerusakan dengan kode error E061 ir 5000.


namun bagi kita seorang awam tentang mesin fotocopy bila di monitor tidak tampil menu fotocopy, malah ada informasi tentang angka seperti kode Error E061 , pasti akan langsung bingung.

Tidak semua kode error yang muncul di layar harus ditangani teknisi, ada beberapa kode error yang tingkat kerusakannya ringan tak perlu repot untuk panggil teknisi.

Namun untuk error E061 ir 5000 ini tergolong masalah berat yang perlu penanganan cukup mendalam.

namun bagi yang sudah lama berkecimpung menangani masalah mesin fotocopy nya sendiri mungkin akan mengerti hanya dengan membaca tutor singkat dari saya ini.
Baca juga: setiap Fotocopy selalu berhenti didepan pemanas, ada apa ini?

Penyebab utama dari munculnya error e061 ini adalah sensor data drum membaca nilai yang tidak sesuai dengan nilai normal tegangan pada permukaan drum (menurut buku manual service).

Namun bagaimana orang awam akan bisa menterjemahkan bahasa dari buku manual tersebut?.

apa itu data drum?,apa itu tegangan dipermukaan drum?, repot bukan, disini akan coba saya jabarkan apa maksud dari kalimat tersebut.

secara garis besar bahwa permukaan drum di aliri tegangan lewat primary charger yang berada tepat diatasnya, mungkin kerusakan ini karena tegangan terlalu besar atau terlalu rendah,

Dari beberapa pengalaman teman-teman dilapangan cukup dengan men-setting wire primary charger maka permasalahn ini akan terselesaikan,

Cara memperbaiki E061 ir 5000



  1. Setting wire atas


kamipun cukup sering bertemu dengan error e061, sesuai anjuran master-master, saya berusaha untuk membongkar primary charger ,saya bersihkan dan saya setting baut warna putih agar tidak terlalu kebawah, alias stelan saya keataskan  menjauhi daripada permukaan drum, selesai semua kemudian saya pasang kembali, namun masih muncul e061, berarti bukan primary yang bermasalah.
Baca juga : Layar monitor mati namun lampu power menyala.

2. Merubah setting PO CONT

ketika cara pertama tidak mampu untuk menghilangkan error E061 maka, bisa dicoba dengan merubah angka PO-CONT ke angka 1.


untuk bisa merubah angka PO-CONT ini anda perlu menuju ke service mode - copier- body , kemudian cari tulisan PO-CONT dan ubah ke angka 1.

jika berhasil maka error E061 akan hilang, namun walaupun e061 hilang namun terkadang hasil fotocopy menjadi kurang terang karena perubahan angka di PO cont tadi.

3. Menggati Po CONT sensor

terkadang ada mesin yang sudah di ganti Primary charger dan mengubah angka PO CONT masih saja tidak bisa mengatasi Error E061 ini.

bahkan sudah bolak balik mengubah angka dan mengganti primary charging masih saja sama, maka anda harus mencoba untuk mengganti PO CONT sensor.

Jika diatas tadi adalah mengubah angka po cont nya, kali ini yang di ganti adalah Po CONT sensornya yang letaknya ada di samping wire atas.

pengalaman dilapangan kami, pernah menemukan satu mesin yang berhasil mengatasi E061 dengan mengganti Po CONT sensor tersebut.

4. Mengganti HVT










salah satu cara mengatasi error e061 ir 5000
Hvt IR 5000


Jika ketiga hal diatas sudah dilakukan namun masih saja muncul error E061, maka langkah terakhir yang saya tawarkan adalah mengganti HVT,

tercatat sudah 3x saya menemui error E061 canon ir 5000 yang selesai dengan mengganti hvt.

demikian sobat pengalaman soal mengatasi error e061 canon ir 5000 semoga membantu teman teman yang sedang mengalami masalah yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Error E061 IR 5000.ini cara mengatasinya"

Posting Komentar