Cara melaporkan rekening penipu agar di blokir


Melaporkan rekening penipu– diera digital saat ini, banyak konsumen yang malas untuk pergi dari rumah dan lebih memilih berbelanja secara online, dan diera digital inipula kejahatan juga berpindah ke digital juga. namun bukanlah hal yang tidak mungkin untuk melaporkan rekening penipu ini agar tidak lagi digunakan.





hal ini terkadang menjadi dilema ketika berbelanja pada situs situs yang dikelola sendiri oleh penjual, dimana konsumen langsung mentransfer uang ke penjual, hal ini terkadang menimbulkan tindak penipuan.





dimana uang sudah dikirim ke rekening penjual namun barang tidak dikirim, ketika di kontak ternyata sudah mati nomornya.





melaporkan rekening penipu
hati ketika belanja online, percayakan pada aplikasi yang terkenal




Cara Cek Rekening Penipu via Cekrekening id





sebenarnya kita bisa menghindari agar tidak tertipu saat belanja onlie salah satunya tentu berbelanja pada situs yang sudah terpercaya, terkadang karena respon yang lama dari penjual membuat sebagian irang lebih memilih berbelanja langsung pada penjual tidak mau leat aplikasi.





ketika sadar bahwa ternyata kita telah ditipu oleh penjual, barulah merasa kebakaran jenggot, namun ada cara untuk melaporkan rekening penipu tersebut pada portal ke website www.cekrekening.id, 





cek rekening id adalah website yang diterbitkan atau dibuat oleh kementrian komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang digunakan untuk melaporkan reekning penipu dan rekening yang digunakan untuk kejahatan lainnya.





contohnya, saya berbelanja pada toko online milik budi, budi memberikan nomor rekeningnya yang kemudian saya mentransfer uang sejumlah harga barang, amun barang tersebut tidak kunjung di kirim, ketika ditelpon ternnyata si Budi sudah menghilang.





dari kasus diatas kita mengetahui tentang rekening si penipu tersebut, kita bisa melaporkan rekening penipu tersebut ke portal cekrekening.id, agar rekening tersebut masuk daftar hitam atau diblacklist .





meskipun uang kita tidak bisa kembali lagi, paling tidak kita telah menyelamatkan orang lain agar tidak tertipu seperti kita.





Baca juga : cara membuat rekening bri beda domisili





Jenis Rekening yang bisa di laporkan ke website cekrekening.id





  1. Rekening yang dipakai untuk Penipuan dalam bentuk apapun
  2. Rekening yang melakukan Investasi palsu, menanamkan sejumlah uang ke rekening tertentu
  3. Rekening yang digunakan untuk proses transaksi narkoba dan obat-obat terlarang Jenis Rekening yang digunakan mengumpulkan dana untuk kegiatan terorisme
  4. Dan Jenis Rekening yang digunakan untuk kejahatan lainnya.




Cek Rekening Penipu via Cekrekening id ?





1. Buka Browser anda dan klik atau ketik alamat : https://cekrekening.id/ akan tampil seperti gambar di bawah ini :





Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id
Menu Cek Rekening




2. Pilih Bank Asal nomor rekening yang ingin di Cek : contoh Bank Mandiri





3. Kemudian Masukkan Nomor Rekening mau di Cek.





4. Selanjutnya, Klik Tombol Periksa Rekening. dan akan tampil keterangan seperti gambar di bawah ini :





Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id
Laporan Berdasarkan Cek Rekening




5. Dari Gambar diatas, bahwa rekening yang saya masukan belum pernah di laporkan oleh siapa-siapa secara garis besar belum ada Blacklist dari website tersebut.





6. Jika Rekening Tersebut ingin dilaporkan, Klik Tombol Laporan Rekening ini (di Mohonkan tidak iseng menggunakan Nomor Rekening Teman atau Saudaranya)





pada dasarnya portal ini bertujuan untuk tindakan pencegahan dan supaya orang lain tidak tertipu dengan nomor rekening sama yang digunakan untuk menampung uang dari hasil kejahatannya.





semoga dengan artikel ini kita semua bisa lebih hati hati dalam berbelanja online.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara melaporkan rekening penipu agar di blokir"

Posting Komentar