Kertas A3 tidak terbaca canon IR


Mesin fotocopy besar seperti canon ir 5000, memiliki 4 tempat kertas utama, kesemua laci kertas itu harus terbaca saat mesin baru dinyalakan.





akan menjadi masalah jika mesin fotocopy tidak bisa membaca setiap laci kertas, seperti kertas A3 tidak terbaca.





secara umum setiap laci kertas bisa digunakan untuk menyimpan setiap ukuran kerta, yaitu laci 1 yang bisa untuk menyimpan kertas A4,B5 dan LTR.





kemudian laci 2 yang juga bisa menyimpan kertas sperti laci 1, berikutnya laci 3 yang bisa digunakan untukmenyimpan kertas apa saja, karena sifatnya Universal, namun kebanyakan laci 3 digunakan untuk kertas F4.





yang terakhir Laci 4 yang umumnya digunakan untuk menyimpan kertas A3, pada kasus yang akan kita bahas kali ini adalah kertas A3 tidak terbaca, pada artikel ini akan kita telusuri penyebabnya.





Mencari penyebab kertas A3 tidak terbaca





untuk menemukan penyebab yang pasti laci f4 yang tidak terbaca ini, kita harus melakuakn urutan proses pengechekan beberapa item berikut;





  1. Cek Motor Lifter




Karena motor lifter laci 4 dan laci 3 ini sama, maka sangat memudahkan dalam melakukan pengetesan untuk mencari sebab kertas a3 tidak terbaca.





penyebab lkertas a3 tidak terbaca




kita tinggal menukar motor lifternya, pada kasus kertas a3 tidak terbaca pada mesin ini, ternyata motor lifter bukanlah penyebabnya, karena ketika motor lifter laci 4 saya tukar ke laci 3 ternyata hidup.





ketika laci kertas terangkat sampai pada titk menyentuh sensor full paper, maka sensor tersebut kaan mengirimkan sinyal ke layar monitor berupa garis garis pada laci kertasnya.





    2. Deck paper





Karena motor lifter bagus maka, perbaikan selanjutnya menuju ke deck paper.





Baca juga : Kertas macet di pemanas.ini dia penyebabnya.





saya tukar deck paper F4 dengan Deck paper kertas A3 karena keduanya deck paper ini bisa saling di tukar, jadi sekali lagi ini memudahkan.









Masalah kertas A3 saat tukar deck paper ini ternyata belum selesai, kertas a3 masih saja belum terbaca.





   3. Cek kabel





Karena kedua komponen diatas masih belum bisa mengatasi kertas a3 yang tidak terbaca, maka langkah berikutnya adalah melakukan test koneksi kabel dari motor lifter ke motor drive.





Jika terjadi putus kabel dari motor drive ke motor lifter laci 4, maka kertas tidak akan terbaca karena lifter tidak naik, dan asumsi ini sesuai dengan ciri kerusakan saat ini, dimana lifter tidak naik, motor lifter juga mati.





penyebab kertas a3 tidak terbaca
Cek perkabelan untuk memastikan tidak kabel yang putus




untuk melakukan koneksi kabel ini diperlukan pengetahuan jalur kabel, supaya tahu pasti kabel mana yang mengarah ke motor lifter, jika anda ingin mempelajari jalur kabelnya, bisa membaca artikel dibawha ini;









baca juga: jalur kabel dari motor drive ke motor lifter laci 4.









setelah dilakukan pengetesan jalur kabel , ternyata tidak ada yang putus baik motor lifter laci 4 maupun 3, langkah berikutnya hanya sekedar menyemprot dengan cleaner untuk membuang kotoran pada soket.





Baca juga: inilah penyebab kertas F4 tidak terbaca





ternyata setelah di pasang semua kabel nya yang tadi sudah saya semprot dengan cleaner, masalah terselesaikan, ternyata soket soket yang kotor bisa menghalangi arus listrik menuju ke motor.





Kesimpulan





Jadi untuk masalah laci 4 yang tidak terbaca monitor ini ada beberapa analisa yang harus anda lakukan.





mungkin tidak akan selalu kabel yang jadi masalah bisa jadi motor lifter yang mati,bisa juga mungkin gear lifter patah atau sensor lifter mati.





jadi penting untuk mengetahui urutannya dan melakukan checking dengan sabar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kertas A3 tidak terbaca canon IR"

Posting Komentar