Penyebab Hasil Fotocopy Miring IR 5000

Mengatasi Hasil Fotocopy Miring - Sebelum masuk pada penjabaran akan saya uraikan dahulu seperti apa hasil fotocopy tercetak miring ini, hasil yang tercetak miring ini saya copy dengan mesin Canon IR 5000 dengan dokumen original yang bagus.


ketika saya copy lewat plat kaca hasil yang keluar bergeser, terlihat jelas bila dokumen original  memakai border maka miringnya akan terlihat begitu signinifikan.

Hasil fotocopy miring untuk kasus saat ini adalah fotocopy satu ssi saja, bukan bolak balik, untuk fotocopy bolak balik hasilnya miring akan kami ulas pada postingan yang lain.


Beberapa penyebab hasil fotocopy miring.


beberapa komponen dibawah ini perlu anda test satu persatu jika mendapati hasil fotocopy yang miring.


  1. Laci kertas




terdengar agak lucu ditelinga, namun ini pernah saya alami sendiri, ketika semua komponen sudah diganti namun hasil fotocopy masih saja miring.
baca juga : laci 1 tidak terbaca,inilah penyebabnya.

setelah mengganti laci kertasnya hasil fotocopy kembali bagus lagi, kemungkinan kertas sudah miring saat berada dilaci, sehingga sampai finishpun kertas dalam posisi miring.

      2. Roller Register




Seperti halnya dengan namanya yaitu Roller Register, roller ini berfungsi untuk mengumpan kertas agar masuk ke pencetakan yaitu Drum Unit.



Bila roller ini usang ditandai dengan hasil copy yang miring, bila dilihat dengan kasat mata, maka roller ini akan terlihat gundul, bila diraba roller ini akan terasa halus dan licin bila sudah begini maka kinerjanyapun tidak bisa maksimal.

Roller register yang masih dalam kondisi bagus akan terasa kasar saat diraba.

Dalam kasus Hasil copy yang miring ini biasanya kondisi roller register sebelah kanan atau kiri sudah halus namun bagian yang lainnya masih bagus.

sehingga saat roller register ini mencoba untuk menarik kertas, bagian yang halus akan sulit untuk mencengkram kertas sedangkan bagian sebelah yang masih bagus rollernya akan mudah untuk menarik kertas,

sehingga kertaspun akan tertarik hanya oleh roller yang masih bagus hasilnya kertas tertarik dalam kondisi miring terus masuk melewati area drum dengan kondisi yang miring pula sehingga hasil cetaknya pun bergeser,

hasil cetak yang bergeser akan tetap seperti itu sampai masuk ke area pemanas dan keluar finishing dengan kondisi tercetak miring.

   3. Motor Register


Motor ini berada diujung roller register, beberapa kasus motor register yang sudah tidak normal berputar bisa menjadi penyebab hasil fotocopy yang tidak pas.


   4. Transfer belt


Walaupun jarang ditemukan namun kondisi transfer belt yang miring bisa menjadi penyebab hasilnya juga miring.

penyebab hasil fotocopy miring

sumbu transfer belt yang lepas pada satu sisinya membuat putaran transfer belt miring, hasilnya, ketika kertas lewat diatasnya kertaspun juga dalam kondisi miring sampai exit.

itulah beberapa komponen yang patut anda periksa ketika mendapati hasil fotocopy miring, semoga membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Hasil Fotocopy Miring IR 5000"

Posting Komentar